Menampilkan Data ADC ke 7 Segment


Kali ini kita belajar tentang Seven Segment, seperti biasa display ini akan dikontrol oleh mikrokontroller, kebetulan kita pake ATMega16. Untuk project ini saya hanya pakai empat 7 segment karena kita akan menampilkan data ADC 10 bit dari internal Mikrokontroler AVR. Untuk ADC 10 bit data yang akan kita tampilkan sebesar 0 s.d 1023, jadi dengan 7 segment sejumlah empat unit sudah cukup.


Komponen dasar 7 segment adalah LED (Light Emitting Diode), jadi aplikasi rangkaiannya pun sama dengan LED. Dirangkaian ada resistor yang berfungsi untuk membatasi arus yang melewati LED (semakin tinggi arus semakin terang nyala LED, tapi resistornya jangan terlalu kecil karena ada batasan arus yang diperbolehkan agar LED tidak rusak).

undefined

Penggunaan 7 Segment saya hubungkan dengan PORTC, sedangkan untuk kontrol puluhan, ratusan, ribuan, sayagunakan di PORT D. Untuk ADC input kita gunakan PINA.0, berikut gambar rangkaiannya:

undefined

Dalam penampilan data kami menggunakan metode scanning dikarenakan metode ini dapat mengurangi konsumsi daya listrik dibandingkan dengan menyalakan semua seven segment. Dan yang paling penting yaitu dapat menghemat pemakaian pin-pin mikrokontroler, sehingga tidak banyak input/output yang terpakai untuk mengakses seven segment.

undefined

Berikut kami berikan sourco code menampilkan data adc ke 7 segment dalam bentuk project Code Vison AVR, download.



Kami menyediakan berbagai macam Led 7 Segment

ataupun Led Dot Matrix...

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Komunikasi Serial Antara ATMega8 dengan Simulink Matlab

MEMBUAT GRAFIK PADA VISUAL BASIC (VB)

Voltmeter AC/DC dengan AVR ATMega8535